12.13.2009

Benarkah Kiamat Terjadi Tahun 2012 ?

Akhir-akhir ini penduduk dunia sedang dihebohkan dengan bakal terjadi Qiamat pada tahun 2012. Fenomena ini berkembang dipicu oleh beredarnya film 2012 bauatan Amerika yang mengambarkan begitu dasyat dan mengerikan dampak terjadinya Qiamat pada tahun 2012 nanti. Film tersebut tidak saja mengundang perhatian dan penasaran banyak kalangan, bahkan menimbulkan reaksi pro-kontra di lapisan masyarakat. Orang awam, intelektual dan tokoh agama pun terpaksa angkat bicara menyoal hari Qiyamat yang menjadi issu hangat di masyarakat.

Masalah ini menjadi sesuatu yang menarik karena orang melihatnya dari dua sudut pandang ilmu pengetahuan dan sudut pandang teologis. Para ilmuan dengan bantuan high technologi mampu menganalisa tatanan dunia alam semesta. Sehingga mereka dapat membuat prediksi dampak-dampak yang akan terjadi akibat perubahan pada struktur bumi di masa yang akan datang. Sedangkan para tokoh agama sendiri dengan berbekal keyakinan terhadap ajarannya yang diperoleh dari kitab-kitab dan para nabi mereka mempercayai bahwa Qiamat pasti akan terjadi. Hanya saja Tuhan yang tahu kapan waktunya hari Qiamat akan terjadi.

Jadi, sekarang benarkah tahun 2012 akan Qiamat? Kalau tidak terjadi di tahun 2012, kapan Qiamat itu akan terjadi? Untuk menjawab semua pertanyaan itu Hz. Masih Mau'ud as. menjelaskan sbb. :

"Menurut Alquran pun dapat dijelaskan bahwa mulai Adam as. sampai penghabisan umur dunia ini hanya 7000 tahun saja, begitu pula kitab-kitab yang dahulu pun menyetujui hal ini. Ayat Alquran 'Sesungguhnya satu hari di sisi Rabmu adalah sepeti seribu tahun, daripada apa yang kamu hitung."'(22:48) pun menyatakan ini dan semua nabi-nabi mengabarkan begitu juga.

Sebagaimana telah saya katakan menurut ilmu hitungan huruf, surah Walasri pun menyatakan bahwa Nabi Muhammad saw. lahir dalam ribuan yang ke lima sesuadah Adam as. maka menurut hisab tersebut, zaman yang kita alami sekarang adalah ribuan yang ke tujuh... Bukti-bukti yang begitu banyak serta keterangan-keterangan Alquran dan hadits yang menyatakan bahwa inilah akhir zaman, semua itu memastikan bahwa inilah ribuan yang akhir dan Masih Mau'ud harus datang dalam permulaan ribuan yang akhir ini.

Peranggapan yang menyatakan tiada yang dapat mengetahui tentang waktu Qiamat, bukanlah bermaksud tidak dapat mengetahui. Jikalau tidak dapat mengetahui sama sekali, kemudian tanda-tanda tentang Qiamat yang disebutkan dalam Alquran , Hadits pun tidak akan dapat diterima, karena dengan tanda-tanda itu didapat suatu pengetahuan tentang dekatnya Qiamat...

Syariat tidak menyatakan bahwa segala pengetahuan tentang Qiamat tersembunyi sama sekali, malah semua nabi-nabi pun telah menerangkan tanda-tanda tentang akhir zaman dan dalam Injil disebutkan pula. Jadi ajaran itu hanya bermaksud, bahwa tiada yang mengetahui tentang tepatnya kejadian saat itu. Allah Taala berkuasa untuk melebihkan beberapa abad sesudah masa seribu tahun yang sekarang ini, karena bilangan kecil lazimnya tidak dihitung. Sebagaimana dari hitungan orang hamil kadang-kadang dapat melebihi beberapa hari. Kebanyakan bayi lahir dalam hamil yang lamanya sembilan bulan dan sepuluh hari. tetapi dapat dikatakan tiada yang dapat mengetahui tentang tepat waktu kelahiran bayi itu. Begitu pula walaupun masih ada seribu tahun lagi untuk berakhirnya dunia ini, tetapi tiada yang dapat mengetahui tentang saat yang tepat apabila Qiamat itu akan terjadi. (Pidato Islam, JAI, 1988, h.12-13)

Semoga dengan menyimak penjelasan di atas, kita senantiasa intropeksi diri dan berupaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Taala.

Baca Juga Artikel Lain Dalam Katagori Yang Sama



Widget by Hoctro | Jack Book

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda,

LOVE FOR ALL, HATRED FOR NONE