8.01.2016

Pengobatan Alternatif Homeopathy


Homeopathy adalah sistem pengobatan yang bekerja sama dengan sistem kekebalan tubuh untuk mencapai kesembuhan secara alamiah.

Homeopathy menggunakan bahan alami dari  tanaman, hewan, mineral. Berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata:  “homeo” yang berarti sama atau serupa dan “pathos” yang berarti penyakit. Homeopathy berarti “yang serupa menyembuhkan yang serupa.” 

Prinsip Homeopathy telah digunakan dalam pengobatan masa Hippocrates dan Paracelsus, dikembangkan kembali oleh  Samuel Christian Friedrich Hahnemann tahun 1790 Dokter dari Jerman. Hahnemann erlecut karena kekecewaannya terhadap sistem pengobatan konvensional. 

Homeopathy mengobati penderita secara holistik sebagai manusia, tidak terpaku pada satu organ atau satu bagian tubuh saja. Semua gejala dan keluhan tiap individu diperhatikan, karena tiap individu memiliki konstitusi tubuh yang berbeda, riwayat nenek moyang/keturunan berbeda-beda.

Gejala penyakit /keluhan merupakan usaha tubuh untuk sehat kembali. Obat yang diberikan pada orang sehat dan menimbulkan gejala-gejala yang serupa dengan gejala/keluhan yang dialami oleh penderita (symptom picture yang serupa) disebut drugs picture.

 
Cara Pakai
Petunjuk Cara Menggunakan Obat Homeopathy
  1. Tuangkan 1-2 butir obat pada tutup botol atau pada tangan yang bersih
  2. Cara memakannya dengan dikulum seperti menghisap permen agar bercampur air liur atau ditaruh dibawah lidah
  3. Jangan ditelan atau digigit atau diminum dengan air
  4. Penyimpanan obat tidak boleh terkena sinar matahari langsung, simpan di suhu ruang jangan ditaruh di dalam mesin pendingin
  5. Simpan obat jauh dari obat lain yang beraroma seperti minyak angin, minyak wangi, obat gosok, menthol dan lain-lain.
  6. Jauhkan penyimpanan obat homeopathy dari benda elektronik yang mengandung elektromagnetik
  7. 30 menit sebelum dan sesudah memakan obat tidak boleh makan, minum dan gosok gigi harus berpuasa, bagi perokok, peminum kopi pemakan rempah-rempah waktunya 60 menit.
Aturan Minum Obat Homeopathy
Tiap Obat diminum/dihisap:
  • Bila obat berbentuk globul/butiran kecil sebesar gula pasir kurang lebih 3 (tiga) butir, globul berukuran sedang: 2 butir
  • Bila ukuran globul butiran besar cukup 1 (satu) butir
  1. Potensi 6x: dihisap 3x (3 kali) sehari
  2. Potensi 30: Dihisap 3x sehari untuk 3 hari pertama, 2x sehari untuk 3 hari kedua, dan 1x sehari sekali sampai dengan sembuh
  3. Potensi 200: Dihisap 1x sehari untuk 2 atau 3 hari pertama, kemudian 1x seminggu. Misal: Senin, Selasa dan Rabu dihisap 1x sehari lalu hentikan konsumsi obat pada hari Kamis sampai minggu, setelah itu konsumsi obat tiap hari senis 1x seminggu.
  4. Potensi 100: Dihisap 1x (1 kali) tiap 10-15 hari atau 1x sebulan atau sesuai petunjuk homeopath
  5. Potensi Q: Mother tincture/bentuk cair, diminum 3x sehari 10-15 tetes dicampurkan kedalam 1/3 (sepertiga) gelas air aquades/air suling.
Catatan: Dalam keadaan gawat/akut misal diare, sakit kepala, demam/panas tinggi/kholik, pendarahan, muntah-muntah, obat dengan potensi 6x,30 dan 200 dapat diberikan 1/2 (setengah) jam sekali sesuai petunjuk homeopath. Bila ada kemajuan (sign of improvement) secara bertahap kurangi dosisnya.


Baca Juga Artikel Lain Dalam Katagori Yang Sama



Widget by Hoctro | Jack Book

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda,

LOVE FOR ALL, HATRED FOR NONE