10.14.2010

Tips Membuat Puisi Cinta Romantis

Banyak alasan kenapa saya, Anda segan mengungkapkan kasih sayang lewat puisi cinta romantis, seperti karena tidak bisa bikin sendiri, takut disangka gombal, dan lain-lain. Padahal orang-orang di sekeliling Anda tentu sangat bahagia mendapat ungkapan kasih sayang, terutama kaum perempuan.

Tidak menutup kemungkinan pula kaum adam akan sangat senang mendapat surprise puisi romantis dari Anda. Mulai sekarang hilangkan perasaan-perasaan seperti itu. Mulailah membuat puisi cinta romantis Anda.

Untuk membuat sebuah puisi cinta romantis memang gampang-gampang susah, pada awalnya. Berikut adalah tips sederhana untuk Anda belajar membuat puisi cinta romantis.

  1. Membaca buku-buku kumpulan puisi
    Kenapa Anda harus membaca buku-buku kumpulan puisi? Agar Anda mengerti bagaimana orang lain mengungkapkan perasaannya lewat puisi. Tidak hanya ungkapan kasih sayang tetapi juga ungkapan perasaan pada sosial. Anda bisa mulai membaca kumpulan puisi Pablo Neruda atau Sapardi Joko Damono. Salah satu puisinya yang paling romantis adalah “Aku Ingin”, puisi yang mungkin paling sering berlalu lalang di benak para remaja kasmaran.

  2. Mengimajinasikan orang yang Anda sayangi
    Apabila cara pertama cukup membuat Anda pusing, tidak dengan cara ini. Anda cukup mengimajinasikan orang yang Anda sayangi seakan-akan orang tersebut ada di hadapan. Setelah itu coba Anda renungkan apa yang membuat Anda menyayanginya?
    Misalnya: membayangkan sang pacar duduk dihadapan Anda.

  3. Membuat daftar pertanyaan tentang orang yang Anda sayangi
    Buatlah daftar pertanyaan pendek tentang orang yang Anda sayangi, misalnya apa yang Anda suka darinya? Moment apa yang tidak terlupakan antara Anda dan Dia? Benda kenangan apa yang masih Anda simpan darinya? Dan banyak lagi.
    Misalnya: Anda menyayangi pacar Anda karena dia hangat dan perhatian. Moment yang tidak terlupakan adalah ketika suatu pagi dia datang ke rumah Anda untuk menjemput atau memberi bingkisan masakan yang dibuat sendiri. Benda kenangan yang masih Anda simpan adalah tiket nonton bioskop.

  4. Menuliskan perasaan sendiri
    Setelah membuat daftar pertanyaan, jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur. Anda dapat menggali sebanyak-banyaknya moment dengan Dia. Ketika Anda membayangkan dan menuliskan banyak hal indah dengan dia, tentu ada perasaan terdalam yang ingin Anda ungkapkan padanya. Tulislah!
    Misalnya: Terima kasih karena sudah menjadi bagian hidupku.

  5. Susunlah poin-poin menarik
    Mulailah menyusun antara rasa terima kasih tersebut dengan poin-poin indah yang Anda tulis tadi, misalnya: rasa terima kasih-hangat-pagi-masakan-tiket bioskop. Anda tidak perlu menuliskan semua poin, cukup tulis poin yang menurut Anda menarik. Dari poin-poin itu mulai menulis puisi. Maka jadilah sebuah puisi cinta romantis yang sederhana;

    Kamu adalah pagiku
    Sehangat mentari
    Selembut awan
    Dan masakanmu, menjadi penghantar
    Keceriaan sepanjang hariku
    Terima kasih

  6. Tidak perlu menjadi pujangga
    Sudahkah Anda menulis ungkapan perasaan padanya? Kalau sudah, bacalah kembali. Merasa tulisan Anda tidak indah? Jangan risau, Anda tidak perlu menjadi pujangga untuk membuat puisi cinta romantis. Inti dari puisi cinta romantis adalah mengungkapkan perasaan Anda.

    Sesuatu yang ditulis dari hati akan sampai pada orang yang kita sayangi. Sampaikan puisi cinta romantis Anda bersama Mawar, coklat, boneka atau sekadar SMS. Maka tunggu apalagi, bergegaslah membuat puisi cinta romantis ala Anda. Berikan pada orang yang disayangi dan lihatlah ekspresi terharu dari mereka!

Baca Juga Artikel Lain Dalam Katagori Yang Sama



Widget by Hoctro | Jack Book

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda,

LOVE FOR ALL, HATRED FOR NONE